Senin, Oktober 11, 2010

ITS Pamerkan 22 Teknologi Baru Bidang Kelautan

Teknologi Desalinasi Air Laut Menjadi Air Tawar
Posted : 15-04-2010

Tujuan dari Pemasyarakatan IPTEK adalah memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kelautan dan perikanan, khususnya hasil riset yang dihasilkan oleh Pusat Riset Teknologi Kelautan (PRTK) dan secara umum oleh Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP), sedangkan Sasaran dari ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masyarakat (IPTEKMAS) ini adalah menyediakan paket-paket teknologi ramah, murah dan mudah sesuai kebutuhan masyarakat ilmiah maupun masyarakat pengguna seperti nelayan, petani ikan, masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil serta masyarakat umumnya.



Ruang lingkup dari kegiatan ini adalah :

1. Peresmian kegiatan IPTEKMAS Tahun 2008

2. Koordinasi dan peninjauan lokasi IPTEKMAS 2009

3. Koordinasi dengan narasumber kegiatan IPTEKMAS 2009

4. Perbaikan alat Desalinasi dari kegiatan IPTEKMAS 2008

5. Pelatihan sumberdaya manusia di bidang Teknologi Desalinasi di

Bandung

6. Koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa

Timur dan pengadaan paket Desalinasi untuk nelayan/masyarakat pesisir di daerah Pelabuhan Perikanan Mayangan , Probolinggo




Untuk bantuan sosial IPTEKMAS tahun anggaran 2009 diadakan di Pelabuhan Perikanan Mayangan � Probolingo, Jawa Timur. Paket teknologi tepat guna Pusat Riset Teknologi Kelautan yang dipasang di Pelabuhan Perikanan Mayangan tahun 2009 ini merupakan paket teknologi desalinasi air laut menjadi air tawar dengan kapasitas 500 liter/ per jam. Teknologi ini diaplikasikan untuk membantu masyarakat nelayan di pelabuhan perikanan dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih untuk kegiatan perikanan. Diharapkan, pengelola Pelabuhan Perikanan Mayangan khususnya dan masyarakat nelayan pelabuhan Mayangan umumnya yang menerima teknologi tepat guna ini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dengan cara bertanggung jawab dan memelihara secara baik, sehingga alat desalinasi tersebut dapat bertahan lama.

http://www.brkp.dkp.go.id/basisdata/index.php?com=kajiskan&task=view&id=10&PHPSESSID=a77377c184c2c895991413f00c5521b6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar